PERPUSTAKAAN NURUL ISLAM

Selamat Datang di Katalog Online Perpustakaan Alam Nuris

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Polling
  • Visitor
  • Grafik Bar
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Prophetic Character Building :Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut Al-Ghazali

Akhmad Sodiq, - Nama Orang;

Bibliografi : halaman 223-235Al-Ghazali (1058-1111) membagi proses transformasi rohani dalam prophetic character building ke dalam tiga level mubtadi, seorang murid harus melakukan tazkiyah al-nafs melalui mujahadah dan riyadah. Level mutawassith, salik harus menyibukkan diri dengan zikir, khalwah, dan bersabar diri dalam menempuh maqamat –ahwal. Adapun pada level muntahi, ia telah memasukigerbang kewalian. Di level ini, mutashawwif yang telah bersih dari sifat buruk dan dipenuhi sifat baik ini tinggal menunggu madzaqat dalam bentuk inkisyaf, ma’rifah dan wusul yang menjadi akhor cpaian rohani sufi, yakni saat ia tenggelam dalam ketunggalan murni (al-fardaniyah al-mahdah). Pemikiran al-Ghazali tentang mujahadah –riyadah tampak sangat lengkap dan sekaligus dapat menjadi jawaban atas berbagai pertanyaan mendasar dalam character building. Penjelasan tentang hakikat manusia dan daya-daya rohani, misalnya, akan memberikan gambaran yang jelas tentang objek formal – material dalam kajian character building, pendidikan akhlak khususnya dan kajian tentang manusia pada umumnya. Model internalisasi nilai yang ditawarkan al-Ghazali tampak sangat beragam dan substantif, seperti : dengan cara tazkiyat al-nafs, mujahadah-riyadah, zikir, dan muqamat-ahwal. Hal yang terasa sangat kaya dibandingkan teori character building barat yang hanya mengandalkan pembiasan semata. Pada akhir tulisan ini, pemikiran al-Ghazali akan direformulasikan menjadi konsep praktis yang dapat digunakan dalam pendidikan. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dasar mujahadah dan riyadah, model tes intensitas bisikan batin, skala sikap, serta core kurikulum pendidikan


Ketersediaan
B07981BP 2X7.3 SOD p (1)My Library (RAK 200)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BP 2X7.3 SOD p (1)
Penerbit
Jakarta : Kencana Prenadamedia Group., 2018
Deskripsi Fisik
xi + 241 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9790000000000
Klasifikasi
297.51
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan ke-1, Maret 2018
Subjek
Pendidikan Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Akhmad Sodiq, M.A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN NURUL ISLAM
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

SD IT ALAM NURUL ISLAM merupakan sekolah berbasis alam yang terletak di Jl. Ringroad Barat-Jl. Pundung, Cambahan, Nogotirto, Gamping, Sleman. Tepatnya di belakang Kampus UNISA (Pinggir Kali Bedog)
Telp. (0274) 627125

Lokasi Kita


© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by modif Adhi SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik